ROASTING PROFILE COFFEE


ROASTING PROFILE COFFEE



Proses roasting kopi memegang peranan penting dalam memunculkan karakteristik kopi. Secara mendasar, terdapat tiga tingkatan roasting yang paling umum yakni light roast, medium roast, dan dark roast. (baca: roasting kopi)



·    Light Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna coklat tua.  Suhu biji kopi berkisar antara 180°C – 205°C. Pada suhu sekitar 205°C tersebut terjadi first crack dan pada saat itu pula proses roasting dihentikan.


·    Medium Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna coklat tua cenderung gelap. Suhu biji kopi pada kisaran 210°C dan 220°C. Pada suhu tersebut adalah suhu dimana telah terjadi first crack namun belum mencapai tahap second crack.


·   Dark Roast adalah tingkat roast dengan biji kopi berwarna gelap yang diselimuti minyak di permukaan bijinya. 


Perlakuan light roast akan menghasilkan kopi dengan tingkat keasaman dan kadar kafein yang cukup tinggi.  Sedangkan medium roast mulai memunculkan karakter "body, sweetness, fruity notes" tapi masih disertai rasa asam yang cukup.  Rasa pahit akan semakin kuat jika kopi disangrai dengan profil dark roast dan tingkat keasaman akan semakin berkurang.

Komentar